Rabu, 11 April 2012

Mengenal Prinsip Kerja Komputer dan Peralatan Yang Digunakan


Prinsip Kerja Komputer dan Peralatan Yang Digunakan
Menurut J. Tanzil dari New Science Club, pada dasarnya komputer merupakan suatu alat elektronik (hardware) yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program. Komputer dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori dan menampilkan hasil berupa informasi. Cara kerja komputer ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu input (berupa data), memori, dan output. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa sistem komputer mengolah data di dalam sistem memori menjadi output.
Apa saja alat yang digunakan dalam proses kerja sebuah komputer? Berikut ini tiga bagian dan peralatan yang digunakan dalam komputer.

1. Alat input Komputer

keyboard sebagai alat input
Alat input adalah suatu alat yang digunakan untuk memasukkan data, program dan perintah ke dalam sebuah komputer. Peralatan input data yang kita pakai antara lain keyboard, disk drive, dan media rekam. Tombol-tombol dalam keyboard sendiri dibagi menjadi empat jenis, yaitu typewriter keys, numerical keys, cursor key, dan function keys. Lalu ada disk drive komputer yang dibagi menjadi dua, yaitu drive A dan drive B. Sedangkan media rekam data bisa berupa floopy disk, hard disk, flash disk, magnetik drum, dan lain-lain.

2. Memori (peralatan proses) Komputer

processor sebagai pemrosesan
Memori merupakan peralatan yang dipakai untuk pengolahan data yang terdapat pada kotak komputer. Alat tersebut dibagi menjadi dua bagian pemroses, yaitu central processing unit (CPU) dan main memory (memory induk). CPU merupakan bagian penting yang menjadi pusat kerja sebuah komputer. Ada juga yang menyebut CPU sebagai otak komputer. Sedangkan main memory sebuah komputer terdiri dari RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). Ukuran RAM berbeda-beda dan bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan pemakai komputer.

3. Alat output Komputer

monitor dan printer sebagai perangkat out put
Alat output adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data komputer. Pengguna komputer membutuhkan perangkat output yang terdiri atas monitor dan printer. Monitor sebagai alat keluaran yang berguna untuk menampilkan pesan atau data hasil pengolahan yang bersifat softcopy, artinya tampilan tersebut dapat diubah sesuai kebutuhan. Sedangkan printer berfungsi untuk menerima data dari komputer. Data yang diterima akan diterjemahkan menjadi tulisan atau gambar yang tercetak di kertas.
Demikian informasi belajar komputer yang bisa saya bagi dalam artikel kali ini. Mudah-mudahan bisa berguna untuk menambah pengetahuan Anda dalam belajar komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar